08 AUG 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 437 DILIHAT

5 Nutrisi Penting Untuk Jantung

Selain olahraga, perhatikan juga nutrisi pada makanan.
Tambahkan 5 jenis makanan ini yang memiliki manfaat tambahan untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Sayuran hijau berdaun gelap
    Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan collard hijau (sawi keriting) merupakan sumber vitamin K yang membantu melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat. Sayuran hijau juga tinggi nitrat, yang mampu mengurangi tekanan darah dan kekakuan arteri serta meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Masukkan sayuran hijau ke dalam salad, olahan telur dadar, atau smoothie.

  2. Berry
    Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry kaya dengan nutrisi penting yang memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung. Buah beri juga kaya antioksidan dan tinggi serat, yang membantu mendukung kadar gula darah yang sehat yang membantu mengurangi perkembangan penyakit jantung. Santap buah beri dengan salad, yoghurt atau oatmeal, smoothie, atau langsung makan begitu saja, sama sehatnya!

  3. Ikan berlemak dan minyak ikan
    Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. The American Heart Association merekomendasikan makan dua porsi ikan, terutama ikan berlemak, per minggu untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.
    Jika perlu konsumsi NutriliteTM Omega 3 Complex yang mengandung Omega-3 bersumber dari campurn unik Makarel, Anchovy, Tuna dari arus humboldt di Peru dan ikan Salmon yang berasal dari peternakan Salmon milik NutriliteTM di Norwegia.

  4. Cokelat Hitam
    Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian4 menunjukkan bahwa mereka yang makan cokelat setidaknya 5 kali seminggu memiliki risiko penyakit jantung koroner 57% lebih rendah daripada pemakan non-cokelat. Pilih cokelat hitam berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70%.

  5. Teh Hijau
    Teh hijau mengandung polifenol dan katekin, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi kesehatan jantung.


Sumber:

1Integr Med (Encinitas). 2015 Feb; 14(1): 34–39. PMCID: PMC4566462 PMID: 26770129 Proper Calcium Use

2Mol Nutr Food Res.2007 Jun;51(6):675-83. Berry anthocyanins as novel antioxidants in human health and disease prevention.

3https://www.heart.org/en/news/...

4Clin Nutr.2011 Apr;30(2):182-7. doi: 10.1016/j.clnu.2010.08.005. Epub 2010 Sep 19. Chocolate consumption is inversely associated with prevalent coronary heart disease: